Selasa, 27 Desember 2011


1.       APA YANG DIMAKSUD DENGAN :
a.       Business entity concept
merupakan konsep akuntansi yang didasarkan pada entitas usaha, yaitu membatasi data ekonomi dalam sistem akuntansi terhadap data yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha
b.      Accrual basic
Jika suatu perusahaan menggunakan metode pencatatan akuntansi berdasarkan Accrual Accounting, perusahaan akan mencatat pendapatan ketika transaksi aktual selesai bukan pada saat kas diterima
c.       Cash basic
Pada metode ini, perusahaan mencatat beban didalam akun keuangan ketika kas dikeluarkan atau dibayarkan. Selain itu pendapatan dicatat ketika kas masuk atau diterima
d.      Book of original entry
catatan akuntansi permanen yang pertama
e.      Historical cost
Prinsip ini menghendaki digunakannya harga perolehan dalam mencatat aktiva, utang, modal dan biaya.
f.        Rekening nominal dan contohnya
Disebut juga akun dalam laporan laba/rugi yang terdiri dari akun pendapatan dan akun beban.
Contoh : pendapatan sewa,beban gaji
g.       Rekening riil dan contohnya
Disebut juga dengan akun neraca yang bersifat permanen maksudnya tetap berkelanjutan dari satu periode ke periode pembukuan berikutnya.
Contoh : cek, kas bank,saham, obligasi
h.      Matching principles
adalah mempertemukan biaya dengan pendapatan yang timbul karena biaya tersebut.
i.        Akuntansi anggaran
adalah bidang akuntansi yang menyajikan rencana operasi keuangan untuk periode tertentu, kemudian membandingkan relalisasi dengan rencana operasi, sehingga operasi perusahaan dapat dimonitor dan dikendalikan.
Akuntansi Anggaran (Budgeting) digunakan untuk menyusun rencana keuangan yang berkaitan dengan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dan untuk membandingkan antara rencana dan pelaksanaan yang terjadi.
j.        Akuntansi keuangan
meliputi kegiatan pencatatan transaksi, penyusunan laporan-laporan periodik yang sesuai dengan Standart Akuntansi Keuangan.
k.       Akuntansi biaya
adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan, pencatatan, dan analisa terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk
menghasilkan barang atau jasa.

2.       BEBERAPA PROFESI DAN BIDANG TUGAS DARI AKUNTAN
a.       Akuntan publik
Adalah seorang akuntan bersama stafnya yang memberikan jasa-jasa akuntansi kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkannya dengan imbalan berupa honoranium.

b.      Akuntan management/intern
Adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi akuntansi serta keuangan perusahaan.

c.       Akuntan pendidik
Adalah akuntan yang mengabdikan pemgetahuan dan kemampuan intelektual mereka dalam bidang pendidikan akuntansi yang tugas utamanya adalah mengembangkan dan mengajarkan akuntansi.

d.      Akuntan pemerintah
Adalah akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah yang bertugas merencanakan, mengendalikan, dan memeriksa penggunaan uang atau kekayaan negara.

3.     PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN TERHADAP INFORMASI AKUNTANSI.
a.       Pihak Intern
adalah pengelola perusahaan (manajemen) yaitu pihak yang bertanggungjawab di dalam mengarahkan jalannya perusahaan, seperti manajer perusahaan. Manager / pimpinan perusahaan membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui dengan tepat posisi keuangan, guna pengambilan keputusan dalam merencanakan, melaksanakan, mengawasi, menilai dan mempertanggungjawabkan keberhasilan dalam mengelola perusahaan.
·         Manajer
Selain digunakan untuk mengambil keputusan, bagi manajer informasi akuntansi dapat digunakan untuk menyusun rencana perusahaan, mengevaluasi kemajuan yang dicapai dalam usaha mencapai tujuan, dan melakukan tindakan-tindakan koreksi yang diperlukan.
b.      Pihak Ekstern
adalah pihak-pihak di luar perusahaan yang bukan merupakan bagian dari manajemen perusahaan sehari-hari, yaitu para investor, kreditor, pemilik perusahaan / pemegang saham dan badan pemerintah serta instansi perpajakan.
·         Kreditor dalam hal ini misalnya bank, tentunya harus dapat menilai apakah perusahaan yang mengajukan permintaan kredit mampu mengembalikan pinjaman atau tidak. Kreditor akan menolak suatu usulan/permintaan kredit dari suatu perusahaan bila informasi akuntansi perusahaan itu meragukan atau menunjukkan hal yang negatif, bankir akan mempertanyakan tentang kemampuan dan reputasi manajer perusahaan atau meminta pemegang saham utama perusahaan tersebut untuk memberikan jaminan atas utang perusahaan.
·         Investor adalah anggota masyarakat yang mampu/mempunyai permodalan, yang bila akan menginvestasikan modalnya memerlukan data informasi akuntansi (keuangan) perusahaan untuk mengukur tingkat kemampu-labaan perusahaan.
·         Pemilik perusahaan atau pemegang saham dapat menggunakan laporan keuangan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan perusahaannya dan bagaimana prospeknya di masa yang akan datang.
·         Karyawan perusahaan dapat mengetahui posisi keuangan dan kemajuan perusahaan melaluii laporan keuangan, sehingga dapat menentramkan karyawan dalam kelangsungan kerjanya.
·         Lembaga pemerintah / instansi perpajakan memerlukan informasi akuntansi untuk keperluan pemungutan pajak, perusahaan diharuskan untuk membuat laporan keuangan oleh pemerintah untuk menetapkan besarnya pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar