Senin, 05 November 2012

Resensi Film


Oleh : Lina Damayanti 
Tugas Bahasa Indonesia



King 2 Hearts

Judul Film : The King 2Hearts / 더킹 투허츠
Genre : Roman, komedi
Rumah Produksi :  Kim Jong Hak Productions
Sutradara : 이재규 [Lee Jae Gyu] (Damo, Fashion 70, Beethoven Virus)
Penulis Skenario : 홍진아 [Hong Jin Ah] (Beethoven Virus)
Pemeran Utama : Ha Ji Won, Lee Seung Gi, Lee Yoon Ji, Cho Jung Seok
Pemeran Pendukung : Lee Soon Jae, Yoon Yeo Jung
Episode : 1 – 20
Channel Tayang : Indosiar
Tayang Peradana : 1 Oktober 2012 (Senin-Jumat pukul 14.00 WIB ).
Di Produksi di : Korea
Channel Tayang di Korea : MBC




Sebelum king 2 hearts Hong Jin Ah juga ada drama-drama korea yang naskahnya dibuat olehnya antara lain Beethoven Virus (MBC, 2008),Over the Rainbow (MBC, 2006),Beating Heart (MBC, 2005),Sharp 1 (KBS2, 2003),School 3 (KBS1, 2000),Ready Go! (MBC, 1997).
Tahun 1989, ada 2 orang saudara yang bernama Jae Kang sang kakak dan Jae Ha sang adik yang dilahirkan sebagai putra mahkota,tetapi mereka dilahirkan dengan sifat yang sangat berbeda Jae Kang dilahirkan dengan sifat bijaksana, ramah dan sabar sedangkan adiknya Jae Ha dilahirkan dengan sifat kekanak-kanakan, keras kepala, juga materialistis. Di  tahun yang sama juga, sudah mulai terjadi pertikaian hebat antara Korea Utara dan Korea Selatan. 23 tahun berlalu, Jae Ha kini telah menjalani wajib militernya tetapi sifatnya yang dahulu belum juga berubah sedangkan Jae Kang telah menjadi raja bagi rakyat Korea Selatan. Upaya yang dilakukan oleh raja Jae Kang untuk memperbaiki hubungan antara Korea Selatan dengan Korea Utara dilakukan dengan diikut sertakannya kedua negara tersebut menjadi satu tim dalam ajang bergengsi yang disebut Kejuaraan Perwira Dunia (WOC) yang diselenggarakan oleh PBB, disinilah ada ada seorang perwira wanita yang bernama Kim Hang Ah, putri seorang Jendral dari Korea Utara yang dijadikan sebagai ketua dari tim gabungan Korea Utara dan Korea Selatan. Jendral, Kang Ah dan 2 orang perwira Korea Utara yang pergi ke Korea Selatan untuk membahas lebih lanjut tentang WOC, disaat yang sama Jae Ha yang telah selesai menjalankan wajib militernya tapi sebelum dia keluar dia diminta untuk menandatangani surat perjanjian dengan ceroboh Jae Ha langsung menandatanganinya tanpa mengetahui isi dari surat tersebut. Saat bertemu dengan raja dan berbincang-bincang dengan raja tiba-tiba ada sebuah siaran yang berisi tentang keikutsertaan putra mahkota di dalam WOC, Jae Ha jelas marah dan kesal. Saat Jae Kang telah samapai di Korea Utara untuk menjalani pelatihan tim dia bertemu dengan Kim Hang Ah. Setelah beberapa lama bersama dengan Kim Hang Ah, Jae Ha mulai ada perasaan terhadap Kim Hang Ah tetapi dia tidak mau mengakuinya. Pada saat mereka telah selesai menjalankan WOC tahap pertamanya dan Jae Ha telah kembali ke negaranya ada sebuah berita yang beradar bahwa telah terjadi perjodohan antara dia dan seorang perwira wanita dari kemiliteran Korea Utara (Kim Hang Ah). Berlatar belakang Korea Selatan modern fiktif yang berbentuk monarki konstitusional dari Dinasti Joseon, dan Korea Utara yang masih tradisional.
Ketika Jae-ha dan Hang-ah sedang berusaha menjembatani perbedaan mereka, tiba-tiba Raja Jae-kang dan istrinya dibunuh oleh komplotan Club M pimpinan Kim Bong-gu alias John Meyer (Yoon Je-moon) lantaran perdamaian antara Korsel dan Korut bisa mengancam prospekkbisnis perdagangan senjatanya. Namun sebenarnya John Meyer punya motivasi lain untuk membunuh Raja Jae-kang. Lantaran Raja tidak punya anak, maka Jae-ha akhirnya naik tahta sebagai raja berikutnya. Hang-ah pun memutuskan tetap mendampingi Jae-ha. Tetapi disaat dia ingin mendukung Jae Ha, sekretaris kerajaan ingin memisahkan mereka dan ternyata berhasil. Kim Hang Ah kembali lagi ke negaranya (Korut) disaat yang sama Jae Ha juga mengetahui bahwa memisahkan mereka adalah rencana sekretaris. Jae Ha mengejar Kim Hang Ah ke Korea Utara untuk melamarnya kembali. Disana Jae Ha dalam bahaya Hang Ah dan pasukan khususnya menyelamatkan mereka, setelah selamat kemudia Jae Ha meluncurkan rencananya (melamar Kim Hang Ah), setelah melamar Kim Hang Ah mereka mengikuti WOC kembali. Mereka mendapat peringkat ke 4 di WOC dan sekaligus berhasil menangkap John Meyer. Di akhir episode Jae Ha dan Kim Hang Ah menikah di  dan mereka mempunyai seorang anak laki-laki, serta mampu membuat cerita akhirnya menjadi mengesankan.
Di drama King 2 Hearts ini memiliki kelebihan berupa perjuangan cinta yang dilakukan oleh dua orang ini membuat 2 buah negara yang saling berseteru ini menyatu walaupun 2 negara ini belum benar-benar berdamai, disini kita juga diajarkan tentang menghargai tradisi-tradisi dari berbagai negara ataupun menghargai orang lain, menjadi tabah walaupun kita tidak dihargai, dan walaupun yang kita lalui itu berat tapi tetap pasti akan berakhir bahagia.
Adapun kelemahan dari drama ini yaitu, dipertengahan dari episodenya ceritanya mulai tidak jelas mau kemana arahnya, adik dari sang raja (Jae Kang) dan Jae Ha kisah percintaanya dengan sekretaris kerajaan justru diakhiri dengan tewasnya anak dari sekretaris kerajaan tersebut, saat Jae Ha menggantikan kakaknya yang telah meninggal menjadi raja dia sempat tidur dengan Kim Hang Ah yang menyebabkan Hang Ah hamil padahal mereka belum menikan bahkan belum bertunangan secara resmi, kelemahan yang terakhir adalah mudah hilanngnya rasa saling percaya kepada pasangan sendiri. 

4 komentar: